Sabtu, 23 April 2016

Belajar mudah dengan media pembelajaran 'Tali Rapia'



Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini guru dituntut untuk lebih berinovasi lagi dalam menyampaikan materi kepada siswa, oleh sebab itu pada perkuliahan media pembelajaran dan tik ini kami diajarkan untuk meyampaikan materi dengan media pembelajaran yang sangat sederhana dan mudah ditemui pada kehidupan sehari-hari. Seperti dengan menggunakan tali rapia, dengan menggunakan tali rapia kita bisa mengajarkan materi operasi pembagian kepada anak yang duduk di bangku sekolah dasar kelas III.
            Menurut teori piaget, Siswa kelas III SD berada dalam tahap operasional konkret, dengan demikian dalam memberikan materi pelajaran, guru diharapkan lebih menitik beratkan pada alat peraga atau media yang lebih bersifat konkret dan logis. Jadi pengajaran materi operasi pembagian dengan menggunakan alat perga ‘tali rapia’ sudah
cocok untuk anak kelas III SD tersebut.

 Cara menyampaikan materi dengan media pembelajaran tali rapia ini adalah:          
Memberikan kesempatan pada siswa untuk membagi tali tersebut menjadi beberapa bagian yang sama besar.

Contoh:

Membagi sebuah tali tersebut menjadi 12 bagian yang sama panjang secara cepat dan tepat.
Dengan perintah tersebut siswa akan membagi tali tersubut dengan melipatnya terlebih dahulu. Melipat tali tersebut menjadi 12 bagian tentunya menggunakan pemikiran yang cukup tinggi untuk menemukan pola dalam membagi tali tersebut. 
Pola pembagian tali menjadi 12 sebagai berikut: 
a)    2-3-2 
b)    3-2-2 
c)    2-2-3 
       Penyampaian materi dengan menggunakan media pembelajaran ini memeng terlihat sederhana namun dengan media pembelajaran ini siswa akan bisa mengetahui konsep dari operasi pembagian itu sendiri, dan siswa akan terlatih untuk berfikir secara nalar.
                   Selain dapat digunakan pada materi operasi pembagian, tali rapi tersebut dapat menjadi media pembelajaran dalam materi unsur dan sifat bangun datar sederhana yang diajarkan pada anak kelas III SD juga.

    Persegi 
 
  Persegi Panjang

      Segitiga Sama Sisi

      Segitiga Siku-Siku

      Caranya yaitu pertama-tama guru memberi pengetahuan mengenai sifat-sifat bangun datar kemudian guru memberi sempatan pada siswa untuk membuat bangun datar dengan menggunakan tali yang sudah dibagi menjadi 12 bagian. 
       Dengan cara tersebut siswa akan berfikir lebih kreatif lagi dan akan membuat bangun-bangun datar sesuai dengan sifat dari masing-masing bangun datar sehingga siswa akan dapat mengetahu konsep-konsep dari masing-masing bangun datar dan akan mengingatnya.

0 komentar:

Posting Komentar