Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini guru dituntut
untuk lebih berinovasi lagi dalam menyampaikan materi kepada siswa, oleh sebab
itu pada perkuliahan media pembelajaran dan tik ini kami diajarkan untuk
meyampaikan materi dengan media pembelajaran yang sangat sederhana dan mudah
ditemui pada kehidupan sehari-hari. Seperti dengan menggunakan tali rapia,
dengan menggunakan tali rapia kita bisa mengajarkan materi operasi pembagian
kepada anak yang duduk di bangku sekolah dasar kelas III.
Menurut
teori piaget, Siswa kelas III SD berada dalam tahap operasional konkret, dengan
demikian dalam memberikan materi pelajaran, guru diharapkan lebih menitik
beratkan pada alat peraga atau media yang lebih bersifat konkret dan logis.
Jadi pengajaran materi operasi pembagian dengan menggunakan alat perga ‘tali
rapia’ sudah
cocok untuk anak kelas III SD tersebut.
cocok untuk anak kelas III SD tersebut.
Cara menyampaikan materi dengan media
pembelajaran tali rapia ini adalah:
Memberikan kesempatan pada siswa untuk membagi tali tersebut
menjadi beberapa bagian yang sama besar.
Contoh:
Membagi sebuah tali tersebut menjadi 12 bagian yang sama
panjang secara cepat dan tepat.
Dengan perintah tersebut siswa akan membagi
tali tersubut dengan melipatnya terlebih dahulu. Melipat tali tersebut menjadi
12 bagian tentunya menggunakan pemikiran yang cukup tinggi untuk menemukan pola
dalam membagi tali tersebut.
Pola pembagian tali menjadi 12
sebagai berikut:
a)
2-3-2
b)
3-2-2
c)
2-2-3
Penyampaian materi dengan menggunakan media pembelajaran ini memeng terlihat
sederhana namun dengan media pembelajaran ini siswa akan bisa mengetahui konsep
dari operasi pembagian itu sendiri, dan siswa akan terlatih untuk berfikir
secara nalar.
Selain dapat digunakan pada materi operasi pembagian, tali rapi tersebut dapat
menjadi media pembelajaran dalam materi unsur dan sifat bangun datar sederhana
yang diajarkan pada anak kelas III SD juga.
Persegi
Persegi Panjang
Segitiga Sama Sisi
Segitiga Siku-Siku
Caranya yaitu pertama-tama guru memberi pengetahuan
mengenai sifat-sifat bangun datar kemudian guru memberi sempatan pada siswa
untuk membuat bangun datar dengan menggunakan tali yang sudah dibagi menjadi 12
bagian.
Dengan cara tersebut siswa akan berfikir lebih kreatif lagi dan akan membuat
bangun-bangun datar sesuai dengan sifat dari masing-masing bangun datar
sehingga siswa akan dapat mengetahu konsep-konsep dari masing-masing bangun
datar dan akan mengingatnya.
0 komentar:
Posting Komentar